Tradisi Ramadhan Paling Unik Dari Berbagai Negara

By | April 30, 2021

Semua negara di dunia tentu memiliki tradisinya masing-masing namun, bagi umat Islam hukum agama mereka adalah hukum yang harus diikuti meski berbeda negara. Seperti puasa misalnya, saat memasuki bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah tersebut satu bulan penuh. Sejak kecil umat Islam telah diajarkan bagaimana doa berbuka puasa, do’a makan sahur dan masih banyak lagi. Namun siapa sangka bahwa setiap umat Islam di berbegai negara memiliki tradisinya masing-masing ketika bulan Ramadhan, nah kali ini kami akan merangkumnya menjadi sebuah informasi. Bagi kalian yang penasaran, simak ulasannya sebagai berikut.

1.Festival Garangaou, Qatar

Siapa yang tidak tahu negara yang satu ini? ya, Qatar merupakan negara yang mayoritasnya menganut agama Islam. Pada tanggal 13, 14, dan 15 Ramadhan, anak-anak kecil di Qatar akan berlomba-lomba menggunakan kostum khusus untuk mengikuti festival Garangaou. Dalam festival yang digelar di negara Qatar tersebut, anak laki-laki harus menggunakan kostum berwarna hitam, sedangkan untuk anak perempuan mereka menggunakan kostum baju tradisional yang lengkap dengan cirri khas berwarna emas. Festival ini selalu disambut meriah setiap tahunnya, hanya saja tahun ini festival Garangaou tidak dirayakan karena Pandemi.

2.Masyarakat Turki di Jerman

Di negara Jerman sendiri jika bulan suci Ramadhan telah tiba ada makanan khas dari negara Turki yang ikut memeriahkannya. Mengapa begitu? Mayoritas umat Islam di negara Jerman adalah orang Turki, sehingga makanan khas Turki selalu dinanti-nanti ti negara Jerman ketika bulan suci Ramadhan tiba. Momen ini sekaligus menjadi momen yang indah karena toleransi beragama di negara Jerman sangat-sangat terjaga. Ada beberapa kue khas negara Turki yang paling favorit seperti qata’ef yang merupakan kue kering dengan direndam sirup pada bagian kulitnya, ada juga qamruddin (jus apricot). Rasa dari kue tersebut sudah terbukti sangat lezat, kalian harus coba deh.

3.Menembakkan meriam, Arab Saudi

Kalau negara yang satu ini kalian semua pasti sudah tau deh, ya Arab Saudi. Negara Arab Saudi juga memiliki tradisi yang unik ketika menyambut bulan suci Ramadhan yaitu, menembakkan meriam kea rah langit. Suara meriam tersebut sekaligus menjadi pertanda bahwa waktu maghrib atau berbuka puasa sudah tiba, suara dari meriam tersebut juga menggelegar sehingga masyarakat dapat mendengarnya dengan jelas. Tentu, meriam tersebut tidak hanya dipasang pada satu titik melainkan di berbagai sisi kota di Arab Saudi. Hal ini memang terkesan menjadi tradisi yang ekstrim, padahal tradisi ini tidak ekstrim karena tidak merugikan siapa pun.

4.Belanja Pernak-pernik di Negara Prancis

Siapa sangka bahwa negara Prancis juga tidak kalah meriahnya ketika menyambut bulan suci Ramadhan. Jika di negara Indonesia baju baru digunakan saat hari raya, berbeda dengan negara Prancis. Orang-orang Islam di negara Prancis memiliki tradisi membeli pernak-pernik atau baju baru untuk digunakan ketika ingin menyambut bulan Ramadhan. Tetapi perlu diingat, kebanyakan umat Islam di Prancis hanya berbelanja pernak-pernik dnengan nuansa Islam bahkan, yang membeli baju cukup jarang karena memang pernak-pernik lah yang paling diutamakan.

Nah mungkin itu saja beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar tradisi unik ketika bulan suci Ramadhan dari berbagai negara. Bagaimana, cukup menarik bukan? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Oh ya, jangan lupa untuk terus mewarisi tradisi selama tradisi tersebut kea rah yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *