Sholat Taubat

 

Pengertian dan Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Sholat Taubat - Sholat taubat merupakan salah satu tindakan yang menunjukkan bahwa seseorang berjanji kepada tuhannya melalu sebuah ritual yang dinamakan sholat dan bejanji tidak akan mengulangi dosa yang telah ia buat sebelumnya. Karena sebenarnya manusia secara harfiah sangat sulit terlepas dari yang namanya dosa, hampi semua orang memilikinya untuk itu maka lebih baik jika kita mendekatkan diri kepadanya deng beristighfar.

Penyesalah seseorang, terutama mereka yang beragama muslim bisa dilakukan dengan memperbanyak jumlah kata istighfar dari dalam hati yang paling dalam dan menunjukkanpenyesalan atas apa yang ia lakukan selama ini, Setelah kita melakukan taubat dengan secara bersungguh-sungguh maka dampaknya sangat besar baik dari mulai karir, rejeki dan jodoh.

Allah swt  juga Berfirman:

dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat. (QS Huud 3)

Dan Rosulullah saw  bepesan dalam sabdanya :

“Barangsiapa yang rutin membaca istighfar, Allah akan memberikan solusi pada setiap kesulitannya, dan penyelesaian bagi setiap permasalahannya. Dan Dia akan memberikan rezeki dari jalan yang tidak terduga.” (Abu Dawud, An-Nasai, Ibnu Majah, al-Hakim, dan Al-Baihaqi)

Cara Mengerjakan Shalat Taubat

Shalat taubat ini hukumnya sunnat dan bisa dikerjakan dalam beberapa rakaat genap mulai dari 2, 4, atau 6.  Untuk waktu yang tepat, memang tidak ada anjurannya kapan tetapi akan lebih baik lagi jika anda melakukannya ketika memang benar-benar telah melakukan banyak dosa. Dalam kondisi tersebut sudah tentu anda diharuskan segera melakukan Sholat taubat.

Cara mengerjakan Sholat taubat sebenarnya sama dengan sholat sunnat lainnya, namun sedikit yang membedakannya ada pada niatnya  :

“USHOLLI SUNNATAT TAUBATI ROK’ATAINI LILLAAHITA’ALA, ALLAHU AKBAR”

Artinya : Saya berniat shalat sunnat taubat dua rokaat karena Allah ta’ala

Setelah anda selesai dengan rangkaian dan melakukan semua pada sholat taubat kini saatnya dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istigfar agar doa segera terkabul untuk mendapatkan ampunan segera.

Berikut adalah Dalil Shalat Taubat

Dari Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila ada orang yang melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan shalat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristigfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya.” (HR. At-Turmudzi; dinilai hasan oleh Al-Albani)

Perlu diketahui ini adalah Tata Cara Sholat Taubat yang diambil dari sumber konsultasisyariah:

1. Berwudu layaknya sholat pada umumnya.
2. Jumlah rakaat disunnahkan 2 cukup dan langkahnya juga sama denga solat lain.
3. Tidak terdapat kewajiban untuk membaca doa khusus.
4. Akan lebih baik jika sholat yang dilakukan bisa lebih kusyuk serta mengingat semua kesalahan dan dosa yang pernah diperbuat dahulu.
5. Terus membaca istighfar dengan bersungguh-sungguh memohon ampunan Allah.
6. Istighfarnya biasa tidak di tambah-tambah dengan bacaan lainnya.
7. Yang perlu diingat adalah bahwa sholat taubat itu adalah untuk memohon ampunan atas dosa.

Sholat Taubat 300x163 Sholat Taubat

Sumber Referensi Online: http://sro.web.id/sholat-taubat.html

Incoming search terms:

  • tata cara sholat taubat
  • sholat taubat nasuha
  • sholat taubat
  • Shalat taubat
  • cara sholat taubat
Posted by Admin: sro.web.id 0 Responses
   
 

Leave a Reply to this Post

You must be logged in to post a comment.

Dec
14
 
 
 
SUKA? KLIK LIKE DISINI YA