Materi Statistik Non Parametrik Lengkap

 

Materi Statistik Non Parametrik Lengkap – Penelitian-penelitian dalam bidang ilmu sosial dewasa ini, tidak semata-mata diarahkan untuk memahami fenomena dengan hanya mendeskripsikan berbagai hal yang saling berkaitan, juga melalui pengujian hipotesis. Pengujian yang dilakukan biasanya memakai metode statistika. Namun demikian, karena adanya keterbatasan dalam distribusi data serta skala pengukuran dalam kajian-kajian sosial yang tidak memenuhi syarat untuk menggunakan perangkat statistika parametrik, maka yang amat lazim digunakan adalah statistika nonparametrik.

Sebagian peneliti ilmu-ilmu sosial, ada yang belum begitu akrab dengan statistika, sehingga tidak jarang ditemukan kekeliruan penggunaan perangkat statistika dalam penelitiannya. Kondisi seperti ini pada gilirannya bisa menimbulkan kekeliruan penafsiran (inference) hasil pengujian hipotesis. Di pihak lain, tersedianya berbagai soft ware komputer seperti Excel, Microstat, SPSS (Statistical Package for Social Sciences), dan lain-lain, sangat memudahkan para peneliti dalam menggunakan perangkat statistika, tetapi karena kurangnya pemahaman terhadap persyaratan prosedural dari perangkat yang tersedia, bisa menyebabkan kekeliruan penggunaanya.

Berdasarkan pengalaman penulis sebagai staf pengajar di fakultas yang terklasifikasi ke dalam konsorsium ilmu-ilmu pertanian yang memiliki jurusan sosial ekonomi, adakalanya juga menemukan masalah seperti dikemukakan di atas. Untuk itulah penulis berusaha membuat kumpulan handout (bahan kuliah lepas) dengan tujuan dapat digunakan sebagai salah satu acuan dalam memilih uji-uji statistik nonparametrik secara praktis, sehingga mudah diterapkan pada penelitian di bidang sosial ekonomi pertanian khususnya sub sektor peternakan.

Bahan kuliah tidak menyajikan pembahasan yang terlalu mendalam mengenai teoriteori statistika serta dasar pemikiran prosedur pengujian, tetapi hanya menyajikan syaratsyarat dan prosedur pengujian serta aplikasinya. Contoh-contoh aplikasi, dibuat sesederhana mungkin, dengan harapan bisa dengan mudah dimengerti oleh orang yang masih awam ter-hadap statistika sekalipun, terutama para mahasiswa yang akan melakukan penelitian dalam di bidang sosial ekonomi peternakan.

Pembahasan, khususnya di bagian yang menguraikan berbagai uji statistika, sebagian besar mengacu kepada tulisan Sidney Siegel “Nonparametric Statistics for the Behavioral Sciences”. Buku tersebut sebetulnya sudah lama dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia oleh beberapa penterjemah. Namun pada bahan kuliah yang dibuat ini penyajiannya lebih disederhanakan dengan mengubah contoh-contoh aplikasinya. Selain itu, ada penambahan dari buku-buku lain dengan harapan agar lebih mudah memahami prosedur-prosedur pengujian statistika nonparametrik yang dibahas.

Pada bagian awal, diuraikan mengenai perbedaan yang mendasar antara statistika parametrik dan nonparametrik, serta konsep-konsep dasar yang perlu dipahami sebelum menggunakan prosedur pengujian. Selanjutnya diikuti oleh beberapa bagian yang menguraikan prosedur pengujian disertai dengan contoh-contoh pemakaiannya. Pada bagian prosedur pengujian dirinci berdasarkan pengujian untuk satu sampel, dua sampel ber-pasangan dan tidak berpasangan, serta k sampel berpasangan dan tidak berpasangan.

Diakhiri dengan pembahasan yang menguraikan pengukuran korelasi yang disertai uji signifikansinya.

 Materi Statistik Non Parametrik Lengkap

Download Lengkap Materinya Disini

[Download]

Penulis: Nugraha Setiawan

Incoming search terms:

  • materi statistik parametrik
  • Materi statistik parametrik spss
  • metode nonparametik adalah referensi
Posted by Admin: sro.web.id 0 Responses
   
 

Leave a Reply to this Post

You must be logged in to post a comment.

May
1
 
 
 
SUKA? KLIK LIKE DISINI YA