Makalah Basis Data

 

Pengertian Basis Data: Pangkalan data atau basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

Istilah “basis data” berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.

Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut (Wikipedia contributors, 2012).

Bahan Untuk Makalah Basis Data

Sejarah Kemunculan Basisdata:

Menurut  sejarah,  sistem  pemrosesan  basisdata terbentuk  setelah  masa  sistem  pemrosesan  manual  dan sistem  pemrosesan  berkas.  Sistem  pemrosesan  manual (berbasis  kertas)  merupakan  bentuk  pemrosesan  yang menggunakan  dasar  berupa  setumpuk  rekaman  yang disimpan  pada  rak-rak  berkas.  Jika  suatu  berkas diperlukan,  berkas  tersebut  harus  dicari  pada  rak-rak tersebut. Bentuk  seperti  ini masih banyak dijumpai dalam kehidupan  sehari-hari.  Contoh  yang  lain  adalah  buku telepon  saku  dimana  seseorang  relative  mudah  mencari nama-nama  rekannya karena datanya  telah disusun  secara alfabetis.  Namun  demikian  kemudahan  seperti  ini  tetap saja kurang efektif. Data tidak bisa diurutkan menurut kata atau nomor telepon. Jika hal seperti itu dikehendaki, tidak ada cara lain selain dengan menuliskannya kembali. Tentu saja hal itu tidak praktis.

Makalah Basis Data

Pada  saat  awal  penerapan  sistem  komputer  yang ditunjukkan  pada  sekelompok  rekaman disimpan  pada  sejumlah  berkas  secara  terpisah.  Sistem yang  menggunakan  pendekatan  seperti  ini  biasa  disebut sebagai sistem pemrosesan berkas. Sistem seperti  ini tentu saja  memiliki  kelebihan  daripada  sistem  pemrosesan manual,  yaitu  dalam  hal  kecepatan  dan  keakuratannya. Kelemahannya,  perancangan  sistem  masih  didasarkan pada  kebutuhan  individual  pengguna,  bukan  kebutuhan sejumlah  pengguna.  Setiap  kali  ada  kebutuhan  baru  dari seorang  pengguna,  kebutuhan  segera  diterjemahkan  ke program  komputer.  Sehingga,  setiap  program  aplikasi menuliskan  data  tersendiri.  Sementara  itu  ada kemungkinan data    yang  sama  juga  terdapat  pada  berkas-berkas lain yang digunakan oleh program aplikasi lain (Annas et al., 2011).

Istilah dalam basis data:

1.      Enterprise

Enterprise merupakan suatu bentuk organisasi seperti bank, universitas, pabrik, dan lain-lain. Data yang disimpan dalam basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise.

Contoh data operasional :

-        data keuangan

-        data mahasiswa

2.      Entity (entitas)

Entitas adalah suatu objek yang dapat dibedakan dari lainnya yang dapat diwujudkan dalam basis data.

Contoh entity dalam Bank adalah :

-        Nasabah

-        Simpanan

3.      Attribute (atribut)

Atribut adalah karakteristik dari entitas tersebut.

Contoh entitas Nasabah, atributnya adalah : Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah.

4.      Data Value (nilai data)

Nilai data merupakan isi data / informasi yang tercakup dalam setiap elemen data.

Contoh atribut Nama Nasabah dapat berisi Nilai Data : Dita, Dini, Maia, dan lain-lain.

5.      Key Data elemen (kunci elemen data)

Tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasi entitas dari suatu kumpulan entitas.

6.      Record Data

Kumpulan isi elemen data (atribut) yang saling berhubungan.

Contoh : kumpulan atribut kode nasabah, nama nasabah, alamat nasabah (arta blog, 2012).

Struktur Data dan Basis Data (Database):

Telah diketahui bahwa secara fisik data dalam bentuk kumpulan bit dan direkam dengan basis track didalam media penyimpan eksternal. Dalam prakteknya, untuk kemudahan dalam mengakses data, data disusun dalam suatu struktur logis yang menjelaskan bahwa:

1. Kumpulan tabel menyusun basis data,

2. Tabel tersusun atas sejumlah record,

3. Sebuah record mengandung sejumlah field, dan

4. Sebuah field disimpan dalam bentuk kumpulan bit.

Pengertian masing-masing istilah diatas adalah seperti berikut:

a. Field (medan) menyatakan data terkecil yang memiliki makna. Istilah lain untuk field yaitu elemen data, kolom item, dan atribut. Contoh field yaitu nama seseorang, jumlah barang yang dibeli, dan tanggal lahir seseorang.

b. Record (rekaman) menyatakan kumpulan dari sejumlah elemen data yang saling terkait. Sebagai contoh, nama, alamat, tanggal lahir, dan jenis kelamin dari seseorang menyusun sebuah record. Istilah lain yang juga menyatakan record yaitu tupel dan baris.

c. Tabel menghimpun sejumlah record. Sebagai contoh, data pribadi dari semua pegawai disimpan dalam sebuah tabel.

d. Basis data (database) adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi. Sebagai contoh, basis data akademis mengandung tabel-tabel yang berhubungan dengan data mahasiswa, data jurusan, data mata kuliah, data pengambilan mata kuliah pada suatu semester, dan nilai yang diperoleh mahasiswa (Rahmat Blog, 2012).

DAFTAR PUSTAKA

Annas, S., Satoto, K.I., Prasetijo, A.B., 2011. APLIKASI BASISDATA PERSEWAAN

COMPACT DISC CLIENT SERVER.

arta blog, 2012. arta blog: ISTILAH BASIS DATA [WWW Document]. URL

http://artaulinata.blogspot.com/2010/11/istilah-basis-data.html

Rahmat Blog, 2012. Struktur Data dan Basis Data (Database) [WWW Document]. URL

http://blog.re.or.id/struktur-data-dan-basis-data-database.htm

Wikipedia contributors, 2012. Basis data. Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

cover basis data full 296x300 Makalah Basis Data

Incoming search terms:

  • makalah basis data
  • makalah sistem basis data
  • makalah tentang database
  • artikel sistem basis data
  • penerapan sistem basis data
Posted by Admin: sro.web.id 0 Responses
   
 

Leave a Reply to this Post

You must be logged in to post a comment.

Sep
5
 
 
 
SUKA? KLIK LIKE DISINI YA