Keindahan Taman Bawah Laut Bunaken

By | June 29, 2019

Snorkeling, Pulau Bunaken, Sulawesi

Sejak dahulu Indonesia memang terkenal sebagai negara yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pemandangan alam yang indah ini tak hanya di daratannya saja melainkan juga di dasar laut. Sehingga tidak mengherankan jika wisata bawah laut yang ada di Indonesia ini mampu menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara dalam jumlah yang cukup banyak.

Dan jika kita bicara tentang obyek wisata bawah laut yang ada di Indonesia maka satu nama yang tidak bisa kita lewatkan adalah bunaken. Wisata bawah laut yang berada di teluk manado , sulawesi utara ini memang salah satu taman laut yang memiliki pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih lagi daerah bunaken ini adalah daerah yang mudah untuk dijangkau oleh wisatawan dari berbagai tempat. Sebagai contoh untuk kita yang tinggal di jakarta jika ingin berwisata ke bunaken maka tinggal membeli tiket pesawat pesawat jakarta manado. Dan dari manado inilah kita bisa melanjutkan perjalanan ke bunaken dengan taksi kemudian menyeberang dengan kapal.

Di Bunaken sendiriĀ  anda bisa memilih untuk melakukan snorkeling ataupun divingĀ  ke dalam laut. Dan di kedalaman laut inilah anda bisa melihat indahnya terumbu karang dan flora serta fauna bawah laut lainnya dengan jelas karena tingkat visibility dalam air bunaken yang cukup tinggi yakni anda bisa melihat dengan jelas hingga jarak 20an meter atau dalam keadaan bagus anda bahkan bisa melihat dalam jarak yang lebih jauh lagi yakni 35 meter.

Di bunaken sendiri ada beberapa spot atau titik favorit yang sering dipilih orang untuk menyelam, diantaranya yaitu :

  • Bunaken Timor
    Bunaken timor merupakan salah satu spot terbaik yang bisa anda pilih untuk melakukan snorkeling karena di sini anda akan bisa menemukan sangat banyak spesies kehidupan bawah laut baik flora maupun fauna. Misalnya saja anda bisa melihat berbagi jenis pari elang, hiu, penyu dan ikan ikan besar lainnya. Namun yang perlu diingat sebelum anda melakukan snorkeling di bunaken timor ini adalah di sini arus lautnya cukup kuat sehingga anda harus hati hati dan waspada agar tidak terseret arus laut.
  • Mandolin
    Kalau anda menghendaki melihat pemandangan bawah laut berupa ikan ikan yang hidup secara bergerombolan maka mandolin lah tempat yang layak untuk anda selami. DI sini anda akan bisa melihat ikan ikan seperti unicornfish, surgeonfish, bannerfish, dan ikan penembak yang bergerombolan hidupnya
  • Puncak Barakuda
    Sesuai dengan namanya yakni puncak barakuda maka anda bisa dengan mudah menemukan spesies barakuda raksasa yang bergerombol di sini. Puncak barakuda sendiri berada di bagian barat laut dari taman laut bunaken dan merupakan salah satu titik penyelaman terjauh dari bunaken
  • Tembok Lekuan
    Tembok lekuakn terbagi menjadi 3 bagian yakni lekuan I, II dan III. Di sana anda akn menemukan dinding dinding laut yang curam dengan celahnya yang dalam. Pada tembok lekuan yang banyak dianggap sebagai spot menyelam terbaik di bunaken ini anda juga bisa menemukan berbagai jenis terumbu karang dan spesies spesies bawah laut lainnya seperti ikan kakaktua besar, spons raksasa dan lain sebagainya.
  • Tanjung Kopi
    Meski terbilang memiliki jarak pandang yang kurang baik di kedalaman tertentu akan tetapi di tanjung kopi anda akn bisa menyaksikan berbagai ikan unik seperti Nudi branch dan Ikan Api Gobi.

Nah demikianlah tadi sedikit tulisan dari saya tentang taman laut bunaken ini. Jika anda memang ingin pergi ke sana saat liburan nanti maka tidak ada salahnya jika mulai mempersiapkannya dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *