Diet Ketat

 

Lihat Info Tentang Diet Ketat Disini, Semoga Bermanfaat

Untuk menurunkan berat badan tak jarang para perempuan menjalankan diet dengan cara membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Seringkali diet dengan menghitung kalori ini dilakukan selama tujuh hari seminggu sampai merasa tubuh mereka benar-benar kurus. Padahal menurut penelitian terbaru yang dilakukan University Hospital di South Manchester, diet ketat yang dilakukan selama dua hari dalam seminggu ternyata lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan menghitung kalori yang masuk dalam tubuh selama seminggu.

Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi buah, sayuran, dan daging tanpa lemak selama dua hari selama seminggu, dan lima hari sisanya bebas menyantap berbagai makanan yang disukai, ternyata bisa menurunkan berat badan hampir dua kali lipat lebih banyak dibandingkan perempuan yang melakukan diet ketat terus-menerus.

Untuk melakukan percobaan ini, para peneliti menempatkan 115 relawan perempuan untuk menjalankan satu dari tiga diet yang diujikan. Pada diet pertama, para perempuan ini diharuskan untuk menjalankan diet dengan hanya mengonsumsi 650 kalori sehari selama dua hari dalam seminggu. Diet ini dilakukan dnegan mengurangi konsumsi kalori dari karbohidrat seperti pasta, roti, dan kentang, serta semua makanan berlemak. Setelah menjalankan diet selama dua hari, lima hari sisanya mereka dibebaskan untuk menyantap makanan sehat yang mereka sukai.

Perempuan pada jenis diet kedua juga diharuskan untuk mengurangi karbohidrat selama dua hari dalam seminggu, namun mereka tidak diberi batasan makanan dalam jumlah kalori tertentu. Pada lima hari sisanya, mereka juga diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mereka sukai.

Terakhir, pada jenis diet ketiga, para perempuan ini mengikuti diet penurunan berat badan standar (terus-menerus) dengan hanya mengonsumsi sekitar 1.500 kalori setiap harinya dan menghindari makanan berlemak serta alkohol.

Setelah tiga bulan menjalankan program diet ini, perempuan yang menjalankan program diet pertama dan kedua masing-masing mampu menurunkan berat badannya sebanyak 4 kg. Angka ini ternyata hampir dua kali lebih banyak dibandingkan dengan perempuan dengan jenis diet ketiga yang menjalankan diet terus-menerus. Mereka hanya mampu menurunkan berat badan sekitar 2,4 kg saja.

Dr Michelle Harvie dari Genesis Breast Cancer Prevention Centre di tempat tersebut mengungkapkan bahwa selama lima hari terakhir mereka tak menjalankan diet karena masih terbawa efek diet ketat yang telah dijalankan selama dua hari sebelumnya. Hal ini berakibat pada adanya manfaat lanjutan dan perubahan mindset otak selama dua hari berdiet ketat pada pola makan yang dianggap “normal” selama lima hari kemudian. Perubahan mindset ini berakibat pada hilangnya beban dan tekanan untuk berdiet, sehingga membuat diet Anda bisa dilakukan dengan santai, dan lebih bahagia.

Menjadi vegetarian adalah suatu keputusan besar. Bagaimana tidak, Anda harus meninggalkan jenis makanan yang justru Anda sukai untuk alasan-alasan tertentu. Dari keinginan untuk mengurangi kolesterol hingga untuk alasan peduli lingkungan.

Namun, sebenarnya Anda tidak perlu menyingkirkan makanan-makanan yang Anda sukai. Apalagi jika Anda merasa santapan jadi kurang nendang jika tidak dilengkapi daging. Penelitian baru menunjukkan, Anda tidak perlu menghindari daging selamanya untuk menikmati manfaat yang didapat vegetarian penuh waktu.

Anda hanya perlu libur makan daging sapi, ayam, ikan, kambing, atau babi beberapa hari saja dalam seminggu. Menurut para peneliti, cara ini perlu dicoba.

“Makan sayuran dua hari saja dalam seminggu bisa menghasilkan manfaat kesehatan, lingkungan, dan keuangan yang nyata. Anda tidak perlu melakukan perubahan besar yang membuat Anda merasa kewalahan,” kata Kate Geagan, RD, penulis buku Go Green Get Lean.

Kuncinya adalah mendapatkan nutrisi yang Anda perlukan dalam dua hari tanpa daging tersebut. Pilih jenis sayuran dan buah-buahan yang bervariasi sehingga Anda mendapatkan banyak asupan vitamin dan mineral. Tambahkan protein dari sumber-sumber nabati, seperti tahu, tempe, dan oncom, serta kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, dan selai kacang untuk olesan roti gandum. Pilihan ini mampu mengatasi rasa lapar, juga memuaskan keinginan untuk makan enak.

Hasil penelitian ini sejalan dengan sebuah kampanye yang diluncurkan pada tahun 2003 yang diberi nama Meatless Monday. Kampanye ini dibuat untuk mendorong orang Amerika mengurangi lemak jenuh dari menu makanan mereka.

“Dua tahun lalu hanya ada satu blogger yang menulis tentang hari bebas daging,” kata Chris Elam, direktur program tersebut. “Sekarang ada lebih dari 150 blogger, dan hampir 50 kafeteria kampus yang menerapkan Meatless Mondays.”

Dalam sebuah survei yang dilakukan majalah Self, terlihat bahwa 40 persen pembaca ingin menghindari daging paling tidak beberapa hari dalam seminggu. Kemudian, ada 11 persen pembaca yang sudah menerapkan hari tanpa daging dua minggu sekali. Artinya, ada keinginan untuk makan sayuran lebih banyak, hanya saja banyak orang masih belum berani meninggalkan daging seterusnya.

Jika Anda sudah mampu menjadi vegetarian dua hari dalam seminggu, coba tingkatkan frekuensinya. Selamat mencoba.

Diet Ketat Diet Ketat

sro: http://sro.web.id/diet-ketat.html

Posted by Admin: sro.web.id 0 Responses
   
 

Leave a Reply to this Post

You must be logged in to post a comment.

Jan
9
 
 
 
SUKA? KLIK LIKE DISINI YA