Contoh Skripsi

 

Silahkan Buka dan Download Contoh Skripsi Berikut Ini

Contoh Skripsi - Skripsi memang merupakan tugas akhir yang kadang sangat sulit bagi sebagian mahasiswa semester akhir. Sebelum mengajukan Judul Skripsi, tentunya kita juga harus membuat proposal skripsi atau Tugas Akhir. Bagi mahasiswa yang pintar, sebenarnya artikel atau contoh skripsi di internet sudah banyak sekali. Seperti yang ada di Gudangskripsi.org

Anda bisa cari atau mendownload contoh contoh skripsi dari ribuan mahasiswa, sebagai acuan atau contoh yang nantinya bisa anda kerjakan. Selain itu, bisa juga anda edit-edit sedikit kemudian anda ajukan ke Dosen pembimbing.

“Memang si membuat skripsi gampang-gampang susah kalau anda bisa ya gampang tapi si kebanyakan orang membuat skripsi sangat susah dan butuh ekstara keras untuk bisa membangun skiripsi sendiri, dan itu membuat anda merasa malas dan jenuh untuk bisa meyelesaikan skripsi anda sendiri. Dan kebanyakan orang juga mengandalkan orang lain untuk membuat skirpsi. Tapi menurut saya kalau di buatkan orang kurang enak si, meskipun skripsi anda selesai dan mendapatkan nilai baik tapikan itu karya orang lain bukan karya kamu sendiri, kalau karya kamu sendiri pastinya ada kepuasan lain untuk membuat skripsi, itu anda bisa rasakan nantinya saat pembuatan skripsi anda jadi nantinya heee…”

Contoh Skripsi Anda Bisa Lihat Disini:

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Dewasa ini kemajuan ilmu teknologi dan informasi berada pada tingkat perkembangan yang sangat pesat, terutama dalam hal pertukaran informasi. Informasi saat ini sudah menjadi sebuah komoditi yang sangat penting dalam memenangkan persaingan di dalam dunia bisnis. Tanpa disadari perkembangan teknologi informasi telah menjadi sumber daya utama perusahaan yang tidak kalah pentingnya dengan sumber daya yang lain.

Kemampuan untuk mengakses dan menyediakan informasi secara cepat, tepat dan akurat sudah menjadi suatu kebutuhan penting bagi suatu perusahaan. Untuk menunjang hal tersebut maka perlu menerapkan sistem informasi yang terkomputerisasi dan terintegrasi dengan baik. Salah satu informasi yang penting untuk mendukung kelancaran aktifitas bisnis perusahaan adalah mengenai penjualan dan piutang sehingga dengan informasi ini diharapkan tujuan perusahaan dapat tercapai dengan lebih baik dan maksimal.

PT. KREXINDO MANUNGGAL PUTRA merupakan perusahaan distributor yang bergerak dibidang penjualan alat pneumatic dan spare part seperti air cylinder, solenoid valve, dan aksesoris lainnya. PT. KREXINDO MANUNGGAL PUTRA merupakan perusahaan yang sedang berkembang yang tentunya memiliki transaksi penjualan yang tidak sedikit jumlahnya, tetapi pengelolaan  data  administrasi  penjualan  dan  piutang  yang  dilakukan  masih

secara manual. Hal ini menimbulkan banyak masalah, seperti lamanya informasi yang dihasilkan akibat dari lambatnya pemrosesan data dan pengambilan keputusan yang tidak cepat, tepat dan akurat. Maka dibutuhkan sistem yang terkomputerisasi untuk memudahkan proses pengolahan data sehingga informasi yang dihasilkan akan lebih cepat, tepat, dan akurat.

Dengan adanya masalah – masalah tersebut, penulis berusaha untuk merancang sistem informasi akuntansi penjualan dan piutang yang baru bagi perusahaan dengan harapan agar sistem informasi tersebut dapat memberikan manfaat dan kegunaan yang berarti di masa yang akan datang bagi perusahaan.

1.2       Ruang Lingkup

Mengingat pembuatan sistem informasi penjualan dan piutang sangat kompleks maka pada pembuatan Skripsi ini penulis membatasi ruang lingkup pembahasan yang mencakup :

a. Analisis proses penjualan meliputi pemesanan barang dari pelanggan, pembuatan order penjualan, faktur, surat jalan, penyiapan barang, pengiriman barang ke pelanggan, serta retur penjualan dari pelanggan.

b.   Analisis proses pencatatan piutang penjualan.

Dalam batasan ruang lingkup ini penulis ingin memberikan suatu usulan perbaikan pada kekurangan sistem yang sedang berjalan sehingga penulis membuat rancangan sistem informasi yang cepat, tepat, dan akurat bagi manajemen untuk memudahkan dalam perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan.

 

 1.3       Tujuan dan Manfaat

Adapun tujuan dan manfaat dari penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :

1.3.1    Tujuan

•    Menganalisis sistem yang sedang berjalan dalam proses penjualan, piutang, dan retur penjualan.

•    Mengidentifikasikan  kebutuhan   sistem   agar   dapat   memperbaiki kelemahan dan kekurangan yang ada.

•    Merancang  sistem  informasi  untuk  menghasilkan  informasi  yang dibutuhkan                      oleh   manajemen   perusahaan,   khususnya   informasi mengenai penjualan, piutang dan retur penjualan.

1.3.2    Manfaat

•    Memberikan informasi mengenai potensi – potensi kelemahan dan kekurangan yang ada pada sistem penjualan, piutang, dan retur penjualan yang sedang berjalan.

•    Menghasilkan laporan dari proses transaksi penjualan, piutang, dan retur penjualan yang dapat menunjang manajemen dalam pengawasan kegiatan transaksi penjualan, piutang, dan retur penjualan.

•    Memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat pada manajemen sehingga dapat mendukung pengambilan keputusan.

1.4       Metodologi Penelitian

Untuk mendapatkan informasi yang mendukung dan diperlukan dalam menyelesaikan  skripsi  ini  maka  penulis  menggunakan  2   macam  metode penelitian yaitu :

•    Metode Analisis

1.   Survei terhadap proses bisnis yang sedang berjalan. a.   Pengamatan ( observasi ).

Penulis  melakukan  pengamatan  secara  langsung  terhadap  proses bisnis yang sedang berjalan di perusahaan.

b.   Wawancara.

Penulis melakukan wawancara dengan pihak – pihak yang bersangkutan di perusahaan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

2.   Analisis terhadap temuan survei.

Penulis menganalisis dan mengidentifikasi kelemahan dan masalah dari sistem yang sedang berjalan.

3.   Analisis kebutuhan informasi.

Penulis mengidentifikasi kebutuhan informasi dari hasil analisis survei.

4.   Analisis kebutuhan sistem

Penulis mengidentifikasi kebutuhan sistem dari hasil analisis survei.

Selain  melakukan  langkah  –  langkah  analisis  di  atas,  penulis  juga melakukan Problem Domain Analysis  terhadap sistem yang sedang berjalan.

•    Metode perancangan

Metode  perancangan  yang  akan  digunakan  adalah  metode  Application Domain Analysis. Pada application domain analysis tersebut dilakukan analisis bagaimana sistem akan digunakan serta menentukan kebutuhan dan fungsi dari sistem sehingga dapat diadministrasikan dan dikendalikan oleh sistem.

1. Class Diagram, menggambarkan kumpulan dari class dan hubungan struktural yang saling timbal balik.

2.   Use Case, model yang digunakan untuk interaksi antara sistem dan actor dalam application domain. Pada use case diagram berisi actor pada sebuah sistem.

3.  Sequence  Diagram,  menggambarkan secara  grafis  bagaimana objek  – objek berinteraksi satu sama lain melalui message message yang dilakukan dari suatu use case atau operasi.

4. Navigation  Diagram,  sebuah  statechart  diagram  khusus  yang memfokuskan pada keseluruhan user interface yang dinamis. Navigation diagram menggambarkan semua windows user interface dan hubungan dinamisnya.

1.5       Sistematika Penulisan

Untuk  memudahkan  penyusunan  Skripsi  ini,  penyajiannya dikelompokkan  menjadi  5  bab.  Uraian  untuk  masing  –  masing  bab  adalah sebagai berikut :

 

BAB 1           PENDAHULUAN

Bab ini berisi pendahuluan dalam pembuatan Skripsi ini dimana membahas mengenai latar belakang, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan Skripsi.

 

BAB 2            LANDASAN TEORI

Bab ini berisi mengenai landasan teori yang mengulas definisi – definisi yang terkait dalam pembuatan Skripsi antara lain : pengertian sistem, pengertian informasi, pengertian sistem informasi, pengertian analisa dan perancangan penelitian, pengertian penjualan, pengertian piutang dan teori khusus.

 

BAB 3            SISTEM YANG SEDANG BERJALAN

Bab ini memuat gambaran mengenai gambaran sistem yang berjalan dalam perusahaan PT. KREXINDO MANUNGGAL PUTRA antara lain, struktur organisasi perusahaan serta tugas dan wewenang dari masing – masing karyawan perusahaan, tata laksana sistem yang sedang berjalan, masalah yang dihadapi dan usulan pemecahan masalah.

BAB 4            RANCANGAN SISTEM INFORMASI YANG DIUSULKAN Bab ini akan membahas mengenai Sistem Penjualan dan Piutang yang  akan  dibuat  dengan  menggunakan  pendekatan  Object Oriented   Analysis   and   Design   yaitu   dengan   menggunakan Application Domain Analysis.

BAB 5            SIMPULAN DAN SARAN

Bab ini merupakan penutup dari uraian penulisan Skripsi yang berisi mengenai kesimpulan dan saran – saran yang diusulkan penulis.

Contoh Skripsi Contoh Skripsi

Sumber Referensi Online:  http://sro.web.id/contoh-skripsi.html and Download Disini

Contoh Skripsi

Contoh Skripsi Contoh Skripsi53
Posted by Admin: sro.web.id 0 Responses
   

Leave a Reply to this Post

You must be logged in to post a comment.

Sep
12
 
 
 
SUKA? KLIK LIKE DISINI YA