Berikut Ini Doa Minta Kesembuhan Dari Sakit

By | March 24, 2021

Yang namanya manusia pasti pernah mendapatkan ujian berupa sakit. Selain sebagai ujian, sakit ini juga juga menjadi sarana penghapus dosa dari Allah Subhana wa Ta’ala.

Walaupun demikian, kita tetap diperintahkan ber-ikhtiar untuk sembuh dari penyakit tersebut, seperti berobat. Selain ikhtiar, kita juga harus memohon doa kepada Allah agar segala penyakit diangkat dari diri kita. Karena bagaimanapun, penyakit itu datang dari Allah dan Allah juga yang dapat menyembuhkannya.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “dan apabila aku sakit. Dialah Yang menyembuhkan aku.” (QS. Asy Syuara : 80).

Rasulullah Shollallahu alaihi wassallam bersabda :

Artinya : “Rasulullah Shollallahu alaihi wassallam pernah masuk menjenguk seorang a’raby (Arab baduy), beliau bersabda, “Tidak mengapa, (sakitmu ini sebagai) pembersih dosa Insya Allah” Aku (Ibnu Abbas) berkata : “Pembersih dosa?! Sekali-sekali tidak, bahkan ini adalah demam yang mendidih atau bergejolak pada seorang yang sudah tua renta, yang akan mengantarkannya kepada kubur.” Nabi Shollallahu alaihi wassallam bersabda, “Kalau demikian, benar (ia adalah penghapus dosa.)” )HR. Bukhari).

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, selain berikhtiar dengan cara diobati atau periksa ke dokter, kita juga harus berdoa memohon kepada Allah agar segera diberi kesembuhan atau diangkat segala penyakitnya.

Nah, dalam kesempatan kali ini akan memberikan contoh beberapa doa meminta kesembuhan dari sakit sebagai berikut.

  1. Asalullahal Adhim rabbal ‘arsyil adhim. An yasyfiika fa inkaana fii ajalihi takhirun ‘afii min waj’ihi.

Artinya : “Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, pemilik ‘Arsy yang besar untuk menyembuhkanmu. Maka apabila dalam ajalnya yang datang kemudian, semoga dia diselamatkan (dibebaskan) dari rasa sakitnya.”

  1. Syafallahu saqomaka, waghofaro dzanbaka wa’aafaaka fii diinika wajismika illa muddatin ajalika.

Artinya : “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

  1. Doa Nabi Ayyub

Artinya : “(Ya Rabbku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Yang Maha Penyayang diantara semua penyayang.” (QS. Al Anbiya : 83).

  1. Doa Lain

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya.” (HR. Abu Dawud 1554).

  1. Doa Lain

Allahumma fa’ annal ghala wal waba’ war-riba waz zina wal zalazila wal mihan, wa su’al fitan, ma dhahara minha wa ma bathan, ‘an bilaadina haadza khaashatan wa ‘an saa’iri biladil muslimiin, bi rahmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya : “

Ya Allah, hindarkanlah dari kami kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit-penyakit, wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman –ancaman yang beranekaragam, paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya Engkau maha berkuasa atas segala seuatu.

  1. Doa Lain

Adzhibil ba’sa allahumma rabban naasi wasyfii anta syaafi laa syifaa’a illa syifaa’uka syifaa’an laa yughaadiru saqoma.

Artinya : “Hilangkanlah rasa sakit Ya Allah Rabb manusia, sembuhkanlah, sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.”

Itulah beberapa doa kesembuhan dari penyakit yang bisa anda baca saat anda atau orang lain sedang sakit, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *